ads

Budidaya Tanaman Cabe Secara Hidroponik Sederhana Di Rumah

Selasa, 08 Agustus 2017
Tanaman Hidroponik Cabe Di Rumah -  Hay Semua ibu-ibu dirumah kali ini dehidroponik akan membahas tentang tanaman cabe, namun untuk artikel kali ini kita akan mengulas tetang tanaman cabe yang ditanam secara hidroponik baik dipekarangan atau bagian belakang rumah, pada prinsipnya tanaman hidroponik ini kita akan menggunakan lahan sempit yang kita miliki di halaman rumah, tentu ibu-ibu dirumah tahu dong apa itu cabe... ya.. cabe adalah bumbu dapur yang sangat kita butuhkan, dan sekarang ini harga cabe kadang tak terkira harganya dipasaran, oleh sebab itu berikut cara budidaya tanaman hidroponik cabe yang dapat ibu-ibu terapkan dirumah.

Budidaya Tanaman Cabe Hidroponik 

gambar tanaman hidroponik cabe
Gambar Tanaman Cabe Hidroponik
Untuk tahap pertama yang perlu kita lakukan adalah pertama-tama kita harus mengetahui ilmu dasar untuk bercocok tanam secara hidroponik cabe,merawat tanaman cabe hidroponik, nutrisi tanaman hidroponik cabe, pemupukan tanaman cabe hidroponik, hingga penyakit tanaman cabe hidroponik. 

Persiapan Benih Tanaman Hidroponik Cabe

Untuk mendapatkan tanaman hidroponik cabe yang bagus tentunya hal pertama yang perlu anda lakukan adalah memilih benih untuk cabe yang akan kita tanam baik itu benih cabe lokal maupun benih cabe import, untuk pemilihan bibit cabe sebaiknya anda konsultasikan pada penyedia bibit cabe atau toko pertanian yang menjual bibit cabe dan biassanya toko tersebut sudah mengetahui jenis benih bibit cabe yang baik untuk lokasi tempat anda.

Penyemaian Benih Tanaman Hidroponik Cabe

setelah anda membeli bibit tanaman cabe hidroponik langkah selanjutnya adalah penyemaian bibit dimana anda memerlukan peralatan dan bahan seperti benih cabe, air hangat, ertas koran, plastik netpot dan rockwool, berikut urutan penyemaian bibit cabe hidroponik, benih cabe yang telah dibeli tadi direndam dengan menggunakan air hangat selama 10 menit lalu di letakkan diatas koran kemudian lipat atau dibungkus lalu dimasukkan kedalam kantong plastik selama 3 hingga 5 hari dan biasanya tanaman cabe tersebut sudah berkecamba dan siap dipindahkan ke netpot.

tanaman hidroponik cabe menggunakan botol
Tanaman Hidroponik Cabe Menggunakan Botol


Transplanting Tanaman Cabe Hidroponik

Pada proses transplanting ini adalah memindahkan benih dari media semai ke dalam pot yang terlebih dahulu telah diberikan nutrisi hidroponik ABmix dengan dosis yang tepat, selanjutnya anda harus menunggui hingga daun sejati cabe ini tumbuh yang dimana pada masa itu cabe sudah siap dipindahkan ke media tanam pot ataupun menggunakan polybag.

Pupuk Untuk Tanaman Hidroponik Cabe

Untuk mendapatkan tanaman hidroponik cabe yang sehat tentu tidak lepas dari kebutuhan nutrisi cabe yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang, kebutuhan pupuk tanaman hidroponik cabe adalah pupuk NPK yang mana pupuk ini anda bisa dapatkan ditoko pertanian.

Nah Demikianlah ibu-ibu cara  Budidaya Tanaman Cabe Secara Hidroponik Sederhana Di Rumah semoga dapat bermanfaat untuk kita semua... Wassalam




ads

1 komentar on Budidaya Tanaman Cabe Secara Hidroponik Sederhana Di Rumah